kegunaan temulawak bagi kebugaran

kegunaan temulawak bagi kebugaran

temulawak
temulawak tidak lain ialah di antara rempah-rempah yang mempunyai kegunaan bagi kebugaran
kata “temu” tidak jarang dikatakan-sebut dalam keseharian kita, adanya temu kangen, temu darat , temu lawak serta temu-temu lainya. kali ini akan diulas wacana temu lawak, temu lawak bukan dalam konteks diartikan kata-perkata tetapi temu lawak dalam konteks nama tansafe. tahukah kamu wacana tansafe temu lawak?. pastinya banyak yang sudah mengenali apakah itu tansafe temu lawak, namun tidak mengcover kebisa jadian adanya yang masih awam pengetahuannya wacana temu lawak. bagi yang ingin tahu lebih banyak mengenai temu lawak baca ulkeinginannnya berikut.



temu lawak tidak lain ialah tansafe yang mengyang akan terjadikan rimpang atau umbi akar yang mempunyai khasiat sebagai tumbuan herbal (tumbuhan obat). tansafe yang mempunyai nama latin curcuma xanthorrhiza roxb masuk dalam partisipan jahe-jahean. temulawak tidak lain ialah tansafe asli indonesia. tansafe ini banyak Hayati di dataran pulau maluku, jawa serta kalimantan.

tansafe ini mempunyai banyak nama, sebab di seareakah kawhasratn lain hal dalam menyebut tansafe ini. misalnya temulawak di kawhasratn madura dikatakan dengan temu labak, sesertagkan di sunda dikatakan dengan temu koneng. temulawak bikeinginan Hayati subur ditanah yang gembur, serta mampu Hayati hingga ketinggian 1500 mdpl. umbi akar temu lawak berwarna kuning gelap, atau coklat belia. temulawak mempunyai bau yang khas, bikeinginannya umbi akarnya bermembisueter panjang 15cm serta 6 cm.

kandungan dalam temulawak

dalam temu lawak banyak terkandung senyawa kimia yang diharapkan badan. padanya rimpang temulawak terbisa turmerol serta fellandrean yang diketahui dengan minyak menguap. dalam rimpang temulawak juga mengandung minyak atsiri (minyak atsiri ini bisa digunakan sebagai penekan pembengkakan jagampang, serta menaikkan keluaran getah empedu); kurkuminoid (kurkuminoid terdiri atas desmetoksikurkumin serta kurkumin. kurkumin ini berguna sebagai acnevulgaris, sebagai anti rasertag (anti inflamasi) serta anti hipototoksik (anti monyetcunan empedu). desmetoksikurkumin serta kurkumin mempunyai banyak kegunaan mirip menetralkan racun, membuat turun kolesterol, menaikkan sekresi empedu serta masih banyak lagi).

kegunaan temulawak untuk kesehatan
obat sakit ginjal, temulawak bisa dikegunaankan sebagai obat sakit ginjal. caranya dengan menyiapkan 2 rimpang temulawak ditambah 1 genggam daun kacabeling serta 1 genggam daun kumis kucin. temu lawak diiris tipis-tipis, direbus berserentakan dengan kedua daun di atas dengan seliter air, setelah itu disaring. diminum sepanjang 3 hari.

obat penyakit limfa, penyakit ini bisa disembuhkan dengan olahan rimpang temulawak. caranya siapkan 2 rimpang temu lawak; ½ rimpang laos (lengkuas); 1 genggam daun meniran. parut temu lawak serta lengkuas setelah itu seluruh bahan di rebus dengan 1 liter air hingga mendidih. lalu disaring serta diminum. minumlah sehari satu kali sejumlah satu caangkir.

obat penyakit asma, asma atau sesak nafas bisa disembuhkan dengan rimpang temulawak. caranya dengan menyiapkan satu setengah rimpang temulawak serta satu potong gula aren. temu lawak diiris tipis-tipis serta dikeringkan. temulawak yang kering direbus dengan 5 gelas air ditambah sepiotong gula aren, hingga menyisakan 3 gelas. sesudah itu disaring serta siap diminum.

obat sakit mag, sakit mag yang tidak lain ialah sakit yang sudah memasybirat atau lebih diidapl sakit yang banyak dwangsitrita orang bisa disembuhkan dengan temulawak. caranya dengan mengambil 1 rimpang temulawak. t1 rimpang temu lawak diiris-iris, setelah itu diangin-anginkan sejenak. selanjutnya direbus dengan 5 hingga 7 gelas air hingga mendidih. saringlah setelah itu minumlah 1 kali sehari sejumlah 1 gelas.

memperbanyak nafsu tersebutkann, disamping mempunyai kegunaan sebagai obat, tansafe temu lawak juga mempunyai kegunaan menaikkan nafsu tersebutkann. caranya dengan menyiapkan 2 rimpang temu lawak, seperempat rimpang lengkuas, serta segenggam daun meniran. jika seluruh bahan sudah siap, rebus seluruh bahan dengan 3 gelas air hingga mendidih, hingga menyisakan 2 gelas, setelah itu disaring. diminum setengah gelas sejumlah 2 kali sehari.

ulkeinginann tersebut cuma searea khasiat temulawak, masih segusertag kegunaan temu lawak yang lainnya, semoga ulkeinginann di atas mampu memperbanyak pengetahuan seputar temulawak, serta semoga berkegunaan.
http://sehatnya.net/khasiat-temulawak-untuk-kecantikan/


@



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

kegunaan temulawak bagi kebugaran | Khasiat Tumbuhan Herbal